Performa Android Menurun?. Inilah 6 Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot



Cara mengatasi HP Android yang lemot - Android merupakan sistem operasi pada perangkat mobile yang paling banyak di gunakan. Pada sistem operasi android ini tersedia berbagai macam aplikasi yang dapat dengan mudah didapatkan secara gratis melalui google playstore. Namun yang menjadi masalah umum yang dialami oleh para pengguna android ini adalah melambatnya kinerja smartphone android tersebut atau biasa dikatakan HP Android lemot.

6 Cara Mengatasi Hp Android Yang Lemot

Performa dari HP android yang lemot dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor antara lain seperti karena terlalu banyak menginstall aplikasi. Hal ini menyebabkan kapasitas penyimpanan menjadi penuh. Dan selain itu juga bisa karena virus atau malware yang menyerang perangkat android.

Jika hal tersebut terjadi maka tentunya akan sangatr mengganggu pekerjaan kita. Maka dari itu untuk mengatasi masalah tersebut maka bisa dengan menggunakan 6 cara mengatasi HP Android yang lemot yang akan dibahas pada kesempatan kali ini. Lalu apa saja hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi HP Android yang lemot agar performanya kembali normal? Berikut ini ulasannya yang kami persembahkan untuk kalian.


1. Hapus aplikasi yang tidak terpakai

Hanya karena dapat dengan mudah mendapatkan aplikasi secara gratis pula, bukan berarti hal tersebut membuat kalian menginsall banyak aplikasi yang tentu saja dapat mempengaruhi performa hp android . Karena memang terdapat beberapa aplikasi yang kurang baik yang dapat menyebabkan performa android menurun.

Dan cara mengatasi HP Android yang lemot karena banyaknya aplikasi yang terinstall, maka sangat penting mengurangi aplikasi yang tidak terlalu sering digunakan dengan cara menghapus aplikasi-aplikasi tersebut. Untuk menghapusnya caranya juga sangat mudah yaitu tinggal klik setting lalu pilih pada pengelola aplikasi. Namun sebelum di uninstall jangan lupa untuk menghapus cache (clear cache). Dan setelah itu uninstall aplikasinya.


2. Menghapus cache (data sementara) secara rutin

Pengertian dari Cache adalah data sementara yang tersimpan pada aplikasi. Dengan menghapus cache secara rutin, maka cara ini akan dapat mengatasi hp android yang lemot agar bekerja dalam keadaan maksimal. Dan untuk menghapus cache dapat dilakukan secara manual, yaitu dengan cara masuk ke menu setting kemudian klik pada pengelola aplikasi / apps. maka akan muncul daftar aplikasi yang sudah ter-install. Dan selanjutnya yaitu tinggal klik salah satu aplikasi tersebut, kemudian klik pada clear cache / hapus cache.

Namun jika tidak ingin repot dalam menghapus cache, maka dapat dengan menggunakan bantuan aplikasi seperti Clean master. Aplikasi tersebut akan memindai semua cache dari aplikasi yang ada perangkat android dan kemudian kalian tinggal menghapusnya saja. Jadi sangat mudah dengan menggunakan aplikasi ini ketimbang harus membersihkan cache secara manual.


3. Update Firmware secara rutin

Firmware memperbaiki beberapa lag, bug, dan masalah lain yang mungkin tidak kalian sadari. Hal tersebut biasanya akan muncul dengan frekuensi yang wajar, sehingga melakukan update firmware secara teratur maka akan dapat membuat performa HP android tetap terjaga dengan baik.


4. Melakukan reset smartphone android

Cara mengatasi hp android yang lemot berikutnya yaitu dengan melakukan reset ulang hp android, dan hal itu akan menghapus segala sesuatu yang tersimpan pada hp android kalian dan mengembalikan HP android dalam kondisi seperti semula atau seperti dalam kondisi baru kembali. Hal ini adalah pilihan yang memang sangat perlu untuk dipertimbangkan secara betul dan pastikan kalian telah mencadangkan kontak, memo, dan informasi penting yang tersimpan, sebelum melakukan reset pada smartphone.


5. Kosongkan ruang penyimpanan internal

Pastikan kalian periksa kapasitas ruang memori internal. Memori internal yang rendah, mungkin menjadi alasan di balik lemotnya smartphone android. Dan solusi untuk mengatasi hp android yang lemot karena ruang penyimpanan yang rendah yaitu dapat dilakukan dengan cara memindahkan beberapa media yang tersimpan di memori internal seperti gambar, mp3 files, video, dan sebagainya ke memori eksternal/kartu SD. Dan usahakan memori internal HP android tersedia ruang yang lega, hal ini akan membantu meningkatkan performa dan kecepatan pada hp android.


6. Security

Tidak jarang perangkat android terkena serangan virus atau malware. Oleh karena itu para pengguna perlu memperhatikan sistem keamanannya. Sebab, virus atau malware ini adalah salah satu penyebab yang paling sering yang dapat membuat hp android menjadi lemot karena dapat merusak sistem yang ada.

Hal yang perlu dilakukan agar terhindar dari berbagai virus/malware adalah dengan cara menginstall aplikasi antivirus dari google playstore. Dan alangkah baiknya juga untuk jangan menginstall aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya yaitu selain di google playstore.

Baca Juga - 8 Hal Sepele Yang Jangan Dilakukan Di HP Android Agar Tidak Cepat Rusak


Oke itulah 6 cara mengatasi hp android yang lemot atau ngelag, semoga dapat bermanfaat bagi kalian dan jangan lupa untuk share artikel ini ke teman kalian yang lain agar mereka juga dapat mengetahuinya. Terimakasih.