Macam-Macam Jenis Format Gambar Di Photoshop Dan Penjelasannya

Begitu banyak macam-macam jenis format file gambar yang ada, semuanya memiliki penggunaan yang spesifik dan memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Diantara format file gambar yang biasa kita temui karena memang banyak digunakan yaitu seperti jpg, dan png. Namun selain dari pada format tersebut ternyata masih banyak format file gambar yang lainnya yang mungkin pernah kalian temui pada aplikasi photoshop yang ada di komputer atau laptop.

Jenis-Jenis Format File Gambar Di Photoshop Beserta Penjelasannya

Dan untuk pertanyaan yang sering muncul saat diujian sekolah perihal tentang format gambar ini adalah seperti, sebutkan jenis-jenis format gambar dan jelaskan perbedaanya? misalnya pertanyaannya seperti itu, ada juga yang hanya disuruh menyebutkan 2 jenis format gambar dan kemudian jelaskan perbedaannya dan lain sebagainya. Terkadang membuat kita haruslah mencari pengertian dan juga fungsi dari format gambar tersebut agar dapat memberikan jawaban dari pertanyaan seperti itu.

Nah, jika disitu kamu sedang belajar program aplikasi photoshop, maka di photoshop itu sendiri terdapat format gambar yang dihasilkan. Dan untuk format gambar dari hasil aplikasi photoshop adalah terdiri dari berbagai macam format dan bisa kita sesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Jadi kamu bisa menyimpan format gambar photoshop tidak hanya sebagai format photoshop saja atau .PSD, melainkan kamu dapat merubah format photoshop menjadi jpg, pdf, bitmap dan sebagainya.

Jika selama ini kalian menggunakan aplikasi photoshop dalam kegiatan edit foto atau gambar dan belum mengetahui macam-macam jenis format file gambar yang bisa dihasilkan di photoshop? Maka pada kesempatan kali ini akan membahasnya untuk kalian semua yaitu macam atau jenis-jenis format gambar beserta penjelasannya pada aplikasi photoshop cs semua versi, maka dari itu silahkan kalian simak dan pahami ya ulasannya berikut ini.

Macam-Macam Format File Gambar Di Photoshop :

    Photoshop (.PSD) : format ini adalah pilihan default yang ada di photoshop, karena merupakan format yanga secara optimum mampu mencatat seluruh data file ketika Anda masih akan bekerja di photoshop. Artinya, kelak bila Anda membuka file ini, maka terbuka dalam keadaan lengkap seperti ketika Anda menutup terakhir kali. Apabila Anda menyimpan dengan format lain, keseluruhan image Anda akan menjadi satu layer saja. format file .PSD ini menyimpan secara lengkap dengan informasi mengenai layer yang dimiliki, blending option, serta data lain yang disimpan selama Anda membentuk hasil akhir file tersebut. Namun apabila Anda telah menyelesaikan image yang anda garap dan akan dipakai misalnya untuk web page, format ini terlalu besar. Selain itu, format .PSD juga hanya dapat dibuka melalui photoshop dan adobe illustrator saja. Oleh karenanya untuk keperluan yang berbeda Anda harus memilih format yang berbeda pula.

    BITMAP (.BMP) : jenis format ini adalah format yang dapat diterima di seluruh program yang beroperasi di bawah sistem operasi Windows. Image photoshop yang disimpan dalam format ini akan menjadi satu layer saja. Anda dapat membuka secara langsung file ini pada semua program pengolah bitmap serta dapat diimpor semua program di bawah Windows.

    EPS (.EPS) : EPS sendiri adalah kependekan dari kata "Encapsulated Postscript File", dan merupakan pilihan utama apabila Anda hendak mengimpor file ke program berbasis vektor maupun program page layout.

    COMPU SERVE GIF (.GIF) : GIF atau Graphics Interchange Format merupakan salah satu pilihan terbaik apabila Anda ingin  menggunakan image anda pada web. Format GIF umumnya juga untuk mendisplay indexed-color graphics dan image pada dokumen hypertext markup language (HTML) pada world wide web serta dokumen online lainnya. Format GIF juga merupakan format LZW-compressed yang didesain untuk meminimalisasi ukuran file serta mempercepat transfer apabila diperlukan dalam penggunaan lintas dokumen.

    TIFF (.TIF) : TIFF ini merupakan format untuk bitmap yang didukung oleh hampir seluruh program paint, image-editing, maupun page-layout.

    JPEG (.JPG) : JPEG adalah format grafis yang biasa dipergunakan pada web. Tujuannya adalah untuk meminimalisasi ukuran karena format JPEG mampu menyimpan image dengan ukuran yang sangat kecil. JPEG kependekan dari Joint Photographic Experts Group, yaitu format yang biasa digunakan untuk menampilkan foto dan format raster lain di dlalam doukumen HTML. File berformat JPEG mendukung mode warna CMYK, RGB, dan Grayscale tetapi tidak mendukung alpha channels. Berbeda dengan format GIF, JPEG mempertahankan semua informasi warna pada image RGB tetapi hanya melakukan kompresi data tertentu saja di dalam file. Format ini berhasil menarik simpati kalangan fotografer, seniman serta desainer grafis hingga kalangan spesialis imaging medik, yaitu kalangan yang menspesialisasikan diri untuk merekam image data medik dengan menggunakan hasil fotografi yang mempertahankan warna-warna asli, dan juga kalangan lain. Image JPEG secara otomatis akan dikompresi ketika file dibuka. Semakin kecil kualitas image(dpi rendah) maka akan semakin besar kemampuan untuk dikompresi.

Baca Juga - Cara mudah merubah format file PDF menjadi JPG dengan photoshop


    PHOTOSHOP PDF(.PDF) : Portable Document Format (.PDF) adalah format file yang fleksibel serta memiliki kemampuan untuk cross-flatform, dapat diterima baik pada sistem Windows maupun Macintosh. File PDF menampilkan secara akurat font maupun page layout dan graphic baik vektor maupun image. Format ini dapat dibuka dengan Adobe Acrobat.

    TIFF (.TIF) : TIFF merupakan format file yang memiliki kepanjangan yaitu Tagged-Image File Format, format jenis ini adalah format file bitmap yang begitu flexibel dan mendukung hampir semua program grafik, ilustrasi maupun pengatur halaman. Dan untuk format ini biasa digunakan untuk pertukaran file antar platform.

    PICT (.PCT, .PICT) : PICT sendiri merupakan sebuah format standard yang terdapat pada program berbasis Macintosh. Format jenis ini sangat cocok sekali digunakan jika terdapat kegiatan seperti memadatkan gambar dengan warna flat/rata. Hal tersebut dikarenakan Format ini memungkinkan para penggunanya untuk menentukan ketajaman warna pada resolusi 16-bit atau 31-bit.

    PCX (.PCX) : PCX merupakan sebuah format file bitmap yang secara umum cocok atau support untuk digunakan pada semua perangkat dengan sistem operasi Windows ataupun Macintosh.

    PIXAR (.PXR) : Format PIXAR adalah format yang dikembangkan setelah dibuatnya teknologi komputer yang bernama PIXAR. Maka dari itu format PIXAR ini sudah dipastikan bisa digunakan hampir pada semua jenis komputer PIXAR. Nah, jika kalian mengetahui film animasi berjudul toy story, maka itulah salah satu jenis film yang dibuat oleh PIXAR. Dan selain mendukung pada tiap komputer PIXAR, format ini juga mendukung pada program berbasis Macintosh.

    SAVE FOR WEB : Dari namanya kita tahu bahwa perintah ini untuk menyiapkan foto kita untuk dipasang di web. Keistimewaan perintah ini adalah untuk menampilkan kotak dialog yang memunkinkan kita untuk memilih tingkat resolusi yang kita kehendaki. Dan untuk memasang foto di website diperlukan resolusi yang rendah agar dapat cepat tampil di layar. Jika yang digunakan adalah foto dengan resolusi tinggi maka akan memerlukan waktu yang lebih lama ketika di load di layar. Oleh karena itu melalui Save For Web ini terdapat tab yang memuat 2 dan 4 pilihan yang memberikan kita pilihan antara tampilan dan bobot file. Pilihlah yang kamu anggap sesuai lalu klik tombol SAVE.

Baca Juga - Cara menambahkan font baru di photoshop semua versi


Oke mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan tentang macam macam jenis format gambar di aplikasi photoshop cs. Semoga ulasan diatas dapat menambah informasi buat kalian semua dan terimakasih buat kunjungannya ke blog ini.