Mengulas Lengkap Apa Itu Enkripsi End-to-end Whatsapp Dan Cara Kerjanya



Whatsapp adalah aplikasi yang memang sangat menjaga sekali terkait keamanan privasi dari para penggunanya. Hal tersebut terbukti dengan adanya berbagai fitur whatsapp yang bisa kita atur privasinya. Seperti diantaranya pada fitur status whatsapp kita bisa atur siapa saja yang dapat melihat status yang kita buat, terus juga pada setelan foto profil juga bisa kita atur mengenai keterlihatannya dan juga fitur privasi yang lainnya.

Apa Itu Enkripsi End To End Di Whatsapp? Begini Cara Kerjanya

Nah, ketika sedang melihat kontak teman di whatsapp maka kita akan menemukan fitur enkripsi dengan adanya simbol gembok. Dan dengan tulisan di bawahnya yaitu pesan yang dikirimkan ke chat ini dan panggilan diamankan dengan enkripsi end to end. Nah, apa maksud enkripsi end to end itu?. Tentu saja hal itu mungkin akan membuat kita penasaran sebenarnya apa itu enkripsi end-to-end whatsapp, dan juga fungsi enkripsi end-to-end itu apa, dan cara kerja nya bagaimana?. Mungkin pertanyaan seperti itu akan muncul dalam benak hati Kalian.

Namun, sebelum mengenal lebih jauh tentang enkripsi end-to-end di aplikasi whatsapp, maka sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu pengertian dari enkripsi. Nah, enkripsi itu apa?. Enkripsi dalam bahasa inggrisnya encryption yang merupakan kebalikan dari kata dekripsi, jika dekripsi itu adalah pengutaraan terhadap suatu hal maka sebaliknya enkripsi itu bisa diartikan sebagai hal yang bersifat rahasia atau tersembunyi.  
Mengutip dari wikipedia bahwa enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi tertentu dengan cara membuat informasi tersebut tidak bisa dibaca tanpa adanya bantuan pengetahuan khusus. Maksudnya gimana tuh?. Jadi nantinya data akan dikodekan dengan sedemikian rupa sehingga keamanannya pun terkait data tersebut akan terjaga dan tidak dapat diakses tanpa di deskripsikan terlebih dahulu.

Setelah mengetahui pengertian dari enkripsi, maka bisa disimpulkan bahwa memang enkripsi itu memiliki maksud untuk mengamankan suatu data agar terjaga dengan baik atau agar tidak bisa diakses sembarangan. Dan mengenai enkripsi yang di terapkan pada whatsapp yaitu enkripsi end to end, sudah Kami telusuri dari pusat bantuan whatsapp dan mencoba untuk memahami dan alhasil penjelasannya dapat Kami tuliskan seperti di bawah ini.

Bahwa Enkripsi end-to-end whatsapp maksudnya yaitu adalah suatu keamanan privasi yang dilakukan whatsapp untuk para penggunanya dalam hal berkomunikasi lewat aplikasi whatsapp. Sehingga nanti saat berkomunikasi dengan orang lain melalui whatsapp, maka hanya Anda dan lawan komunikasi saja yang dapat membaca apa yang telah dikirimkan tanpa ada pihak manapun yang mengetahuinya dan tak terkecuali dari pihak whatsapp sendiri juga tidak akan mengetahuinya.

Dan sebenarnya untuk fitur enkripsi end to end ini akan selalu aktif di whatsapp dan juga tidak terdapat cara untuk menonaktifkannya. Jadi enkripsi ini akan terjadi secara otomatis tanpa kita perlu melakukan tindakan untuk mengaktifkannya. 

Dan ketika pesan chat yang dikirimkan dan panggilan terenkripsi end-to-end maka nantinya semua pesan, baik itu berupa foto, video, dokumen, pesan suara, dan juga panggilan lewat whatsapp maka akan terjaga keamanannya dan terhindar dari penyalahgunaan data yang dilakukan oleh pihak yang salah. Karena dari tiap pesan obrolan atau chat di whatsapp ini memiliki kunci spesial berupa kode-kode unik yang hanya dapat diketahui oleh kedua belah pihak saja. 

Kamu dapat melihat kode enkripsi end to end antara Kamu dengan lawan chat mu, dengan cara melihat kontaknya dan kemudian mengeklik enkripsi. Dan setelah itu maka akan tampil verifikasi kode keamanan dengan terlihat barcode, ataupun kode-kode yang terdiri dari barisan angka-angka. Nah, disini Kamu dapat melakukan verifikasi kode untuk membuktikan bahwa pesan yang Kamu kirimkan benar terenkripsi end to end. Namun, hal ini sifatnya hanya opsional atau tergantung keinginan dari penggunanya ingin melakukannya atau tidak.  

Apa Itu Enkripsi End To End Di Whatsapp? Begini Cara Kerjanya

Dan jika Kamu berniat untuk mencoba memverifikasi apakah benar chat Kamu di enkripsi end to end, maka caranya adalah dengan buka chat whatsapp - ketuk info kontak - ketuk pada enkripsi - Setelah itu maka akan muncul kode QR dan juga barisan angka-angka yang terdiri dari 60 digit. Dan untuk memverifikasinya dapat dilakukan dengan melakukan scan kode QR antara kode di whatsappmu dan juga pada lawan chat mu, jadi hal ini bisa dilakukan jika memang berada pada jarak yang berdekatan. 

Dan jika ingin memverifikasikan melalui jarak jauh maka bisa dengan membagikannya dengan menekan tombol share saja yang berada di bagian pojok kanan atas layar ke teman whatsapp. Dan kemudian verifikasi dapat dilakukan dengan mencocokkan kode-kode/angka-angka tersebut. Dan jika sama maka berarti chat telah di enkripsi end-to-end.

Mengenai kode unik /kode keamanan enkripsi end to end ini, memang bisa berubah sewaktu-waktu jika memang pengguna mengganti nomor telepon di whatsapp ataupun menginstall ulang aplikasi whatsapp-nya. Dan untuk mengaktifkan notifikasi atau pemberitahuan terkait perubahan kode keamanan maka caranya adalah seperti ini buka setelan whatsapp - akun - keamanan - dan kemudian aktifkan panelnya dengan menggesernya kearah kanan.

Apa Itu Enkripsi End To End Di Whatsapp? Begini Cara Kerjanya

Alasan mengapa di whatsapp memiliki fitur enkripsi end to end adalah dikarenakan pentingnya menjaga data keamanan digital dari tindakan ilegal seperti pencurian data atau penyalahgunaan data yang dilakukan para hacker yang berakibat merugikan orang lain. 


Oke, mungkin itu saja postingan artikel pada kali ini tentang apa itu enkripsi end to end di whatsapp dan bagaimana cara kerja enkripsi end to end whatsapp. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan jika bermanfaat maka jangan segan-segan untuk share artikel ini ke seluruh teman-temanmu agar mereka juga dapat mengetahuinya juga. Sekian dan terimakasih.😊

1 komentar:

  1. Wahh klo sering sering masuk keartikel mimin, ane jd bisa menguasai fitur2 wa lainnya, end to end setau ane tuh gmn ya, tau tp jelasin dan ternyata setelah ane baca artikel ini, ada kaitan dengan keamanan juga ya, oke sipp thanks infony(y)

    ReplyDelete