Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Charger iPhone Kaki 2 dan Kaki 3

 Ada beberapa perbedaan charger iPhone kaki 2 dan kaki 3 yang tidak orang ketahui. Karena umumnya masyarakat Indonesia menganggap semua jenis steker charger maupun elektronik lainnya sama. Bahkan tidak banyak orang yang tahu mengapa ada banyak jenis steker yang digunakan di alat elektronik.

Memang jika Anda perhatikan, tidak hanya ada 1 jenis steker yang ada di Indonesia. Meskipun rata-rata bermodel 2 kaki silinder, namun tidak sedikit pula steker dengan model kaki 3, 2 kaki pipih, 2 kaki berlubang, bahkan 2 kaki pipih dan miring.

Lalu apa perbedaannya antara kaki 2 dan kaki 3 di charger iPhone maupun elektronik lain? Apakah hal ini berpengaruh dengan penggunaan listrik? Mari kita cari tahu jawabannya dalam konten berikut ini.


Perbedaan Charger iPhone Kaki 2 dan Kaki 3


Perbedaan Charger iPhone Kaki 2 dan Kaki 3

Fungsi utama dari perbedaan model kaki atau dudukan pada steker adalah untuk memberi tahu darimana barang tersebut berasal. Sama halnya dengan model baut yang ada di mainan atau barang yang Anda beli dari luar negeri.

Selain itu, model charger iPhone juga bisa menunjukan asli atau palsu kabel maupun adapter charger yang Anda beli. Untuk lebih lengkapnya, kami akan jelaskan perbedaan charger iPhone kaki 2 dan kaki 3 beserta fungsinya di bawah ini.

Menunjukan Negara Tempat Charger Diproduksi

Jika Anda perhatikan, kebanyakan steker yang punya model selain kaki 2 silinder adalah elektronik dan gadget. Misalnya smartphone, konsol game, laptop, dan charger iPhone seperti yang sedang dibicarakan. Hal ini karena hampir semua charger iPhone original yang ada di Indonesia berasal dari luar negeri.

Misalnya jika Anda memiliki charger iPhone kaki 3, itu artinya charger tersebut berasal dari Singapura, Inggris (Great Britain), Hong Kong atau Qatar. Sedangkan jika model steker adalah kaki 2 silinder atau bulat, artinya charger tersebut dibuat di Indonesia.

Bukan hanya kaki 2 dan kaki 3, ada banyak pula model steker charger iPhone lainnya seperti :

  • 2 kaki pipih miring artinya berasal dari Australia atau Selandia Baru
  • 2 kaki silinder tipis dan miring artinya berasal dari wilayah Eropa
  • 2 kaki silinder tipis artinya berasal dari Brazil
  • 2 kaki pipih artinya berasal dari China
  • 2 kaki pipih berlubang artinya berasal dari Amerika Serikat atau Jepang
  • 2 Kaki silinder artinya berasal dari Indonesia atau Korea Selatan
  • 3 kaki pipih artinya berasal dari Hong Kong, Qatar, Inggris, atau Singapura

Umumnya semua model charger ini akan Anda dapatkan bila membeli paket Kit Adaptor World Travel resmi dari Apple. Sehingga jika sedang berlibur atau bekerja di luar negeri, Anda cukup mengganti kaki charger saja sesuai dengan negara yang dikunjungi.

Sedangkan untuk urusan listrik, sebenarnya semua negara punya daya listrik yang tidak jauh berbeda untuk tiap rumah.


Menunjukan Charger Original atau Refurbished

Selain untuk menunjukan negara produksi, perbedaan steker charger iPhone kaki 2 dan kaki 3 juga bisa menunjukan apakah charger yang kamu gunakan original atau refurbished alias sudah rusak namun diperbaiki dan disegel ulang.

Umumnya jika kamu beli charger dengan model kaki 2 pipih tanpa lubang, yang mana berasal dari China, kemungkinan besar model tersebut adalah hasil refurbished. Karena model charger resmi dari Apple yang beredar di Indonesia adalah yang kaki 3, kaki 2 pipih berlubang dari US & Jepang , dan kaki 2 silinder dari Korea.

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan charger iPhone kaki 2 dan kaki 3. Jadi ternyata perbedaan model steker ini tidak mempengaruhi cepat atau lambatnya pengisian daya serta besar atau kecilnya listrik yang digunakan.


Post a Comment for "Perbedaan Charger iPhone Kaki 2 dan Kaki 3"