6 Cara Tepat Menangani HP Android Yang Kemasukan Air



Cara mengatasi hp android yang kemasukan air agar tidak rusak - Saat ponsel kalian kemasukan air, entah itu saat kalian sedang membereskan perabotan rumah kalian dan secara tidak sengaja hp kalian ketumpahan air ataupun saat kalian sedang di kamar mandi dan tiba-tiba hp tersenggol dan akhirnya kecemplung ke dalam genangan air, atau mungkin kalian mengalami kejadian kehujanan yang mengakibatkan hp yang kalian bawa terkena air hujan yang turun dari langit dan lain sebagainya, maka jangan lah panik terlebih dahulu dan pastikan Kamu tidak melakukan cara-cara penanganan yang salah terhadap hp yang kemasukan air tersebut agar bisa terhindar dari yang namanya kerusakan.

6 Cara Penanganan Yang Tepat Mengatasi HP Android Kemasukan Air

Baca Juga :

Karena jika salah dalam melakukan proses penanganan terhadap hp yang terkena air tersebut, maka bukannya dapat memperbaikinya malah nanti terjadi hal-hal yang fatal yang dapat membuat hp menjadi rusak. Dan tentunya hal kejadian buruk tersebut tidak ingin kalian alami bukan?. Maka dari itu penting untuk mengatasinya dengan cara-cara yang tepat untuk menghidarkan ponsel dari kerusakan akibat kemasukan air.

Lalu apa saja penanganan yang tepat untuk mengatasi hp android kalian yang kemasukan air supaya tidak rusak?. Nah, berikut ini sudah Kami tuliskan 6 tahapan untuk penanganan secara tepat dalam mengatasi hp android yang kemasukan air. Jadi silahkan kalian simak dengan cermat dan ikuti secara hati-hati.

1. Jika hp android kecebur ke dalam air maka segera mengambilnya dan jika kondisinya masih menyala, harap cepat untuk mematikannya  

Jika hp android tercebur ke dalam air, maka tindakan yang harus cepat kalian lakukan adalah mengambil hp tersebut dari dalam genangan air. Dan pada saat hp yang terendam air tersebut telah kalian ambil dan kondisinya masih dalam keadaan masih menyala layarnya, maka segeralah untuk mematikan hp tersebut agar tidak terjadi korsleting atau hubungan arus pendek yang dapat menimbulkan kerusakan pada hp tersebut.


2. Keringkan hp android yang kemasukan air secara hati-hati

cara penanganan selanjutnya untuk mengatasi hp yang kemasukan air adalah dengan mengeringkannya. Caranya yaitu kalian bisa langsung saja untuk melepas casing, melepas baterai-nya jika memang baterai hp nya bukan menggunakan baterai tanam, kartu memory, atau berbagai aksesoris lainnya pada hp tersebut jika memang bisa untuk dilepas. Dan setelah itu kalian bisa mengelap bagian hp yang terkena air dengan tisu ataupun menggunakan kain yang lembut secara perlahan dan hati-hati. Dan saat mengelapnya pastikan bahwa tidak ada partikel-partikel dari kain atau tisu yang tertinggal di komponen hp tersebut.


3. Keringkan bagian sela-sela hp yang masih basah dengan menggunakan vacum cleaner 

Supaya lebih maksimal dalam mengeringkan komponen-komponen hp yang terkena air maka harap menggunakan vacum cleaner jika ada. Prinsip kerja dari vacum cleaner ini yaitu menghisap atau menyedot, sehingga sangat efektif jika digunakan untuk mengeringkan perangkat hp yang terkena air. Karena dengan menggunakan vacum cleaner maka bagian yang masih basah pada sela-sela hp yang sulit dijangkau bisa kita keringkan dengan cepat dibandingkan jika hanya mengeringkannya menggunakan kain atau tisu saja.


4. Memasukkan hp yang terkena air ke dalam beras 

Beras adalah bahan yang memiliki sifat mampu mengurangi kelembapan. Jadi dengan cara memasukkan atau memendam hp ke dalam beras maka sangat efektif untuk menyerap air yang masih membasahi komponen pada hp tersebut. Untuk tahapan cara mengeringkan hp yang masih basah tersebut dengan beras, yaitu kalian pendam hp yang terkena air ke dalam beras dalam waktu semalaman atau lebih lama agar hp yang terkena air bisa benar-benar kering. Dan usahakan posisi dari hp tersebut benar, agar air dapat keluar melewati lubang-lubang yang terdapat di ponsel. Kalian juga bisa mengubah posisinya selama beberapa kali agar air yang terperangkap di dalam hp bisa keluar.


5. Coba untuk menyalakan hp tersebut

Jika langkah-langkah seperti diatas telah kalian lakukan dengan baik dan ponsel telah dalam keadaan benar-benar kering, maka langkah selanjutnya kalian pasang baterai atau casing kemudian kalian bisa mencoba untuk menyalakan ponsel tersebut. Dan jika berhasil menyala dengan baik atau bisa dikatakan normal, maka Saya ucapkan selamat kepada Anda dan jangan lupa untuk bersyukur bahwa hp tidak mengalami kerusakan. Dan jika ponsel belum bisa menyala kalian bisa mencoba menyalakan ponsel sambil mengecas ponsel tersebut. Dan apabila berhasil menyala dengan cara di cas maka kemungkinan yang mengalami kerusakan adalah baterainya dan kalian perlu untuk menggantinya.


6. Jika belum bisa menyala, maka bawalah ke tukang service profesional

Jika hp ternyata tidak bisa menyala pastikan kalian bawa ke tempat service yang sudah profesional dan janganlah kalian mencoba untuk mengotak-atik sendiri jika memang tidak mengetahuinya. Dan bila perlu kalian bawa ke tempat service center dari brand hp yang kalian miliki tersebut.


Oke itulah 6 cara penanganan mengatasi hp android yang kemasukan air, semoga dapat bermanfaat bagi kalian. Dan terimakasih telah berkunjung di blog ini dan jika berkenan silahkan share ke teman kalian yang lain yang membutuhkan.