Mengetahui Resiko Apa Yang Akan Terjadi Jika HP Android Di Root



Resiko atau kerugian jika melakukan root pada hp android - Istilah root mungkin sudah tidak asing lagi bagi mereka yang doyan banget sama yang namanya otak-atik ponsel. Entah karena tidak ada aktifitas lain atau mungkin memang dasar hobi atau kegemarannya. Jadi jika memang hobi maka pastinya mereka akan mengesampingkan kerugian yang akan terjadi jika ponsel di urut root.

Lain halnya dengan pengguna yang baru saja ingin mencoba melakukan root terhadap ponsel yang dimilikinya. Entah itu karena ingin agar ponsel yang dimilikinya seperti temannya yang sudah melakukan root ponsel dan merasa tertarik juga untuk melakukannya ataupun ingin melakukannya karena murni ingin mencoba bereksperimen sendiri. Dan pastinya mereka harus mikir atau mencari informasi seputar aktifitas root di ponsel android.

Kamu Harus Tau, Inilah Beberapa Resiko Atau Kerugian Jika HP Android Di Root

Apakah Kamu masih berniat melakukan root terhadap smartphone android yang Kamu miliki?. Jika iya, maka alangkah baiknya untuk mempertimbangkan berbagai resiko atau dampak yang akan terjadi jika smarphone yang Kamu miliki di root. Jangan hanya sekedar memikirkan berbagai keuntungan jika di ponsel di root, namun juga harus memikirkan tentang dampak buruk dari dilakukannya root ponsel.

Baca Juga :

Dengan melakukan root terhadap ponsel android, hal tersebut memungkinkan pengguna untuk mendapatkan kontrol penuh terhadap ponsel android yang dilakukan root tersebut. Jika ponsel di root, maka ponsel akan dapat melakukan hal yang sebelumnya tidak dapat dilakukan. Seperti misalnya jika sebelumnya ponsel tersebut tidak dapat menginstall beberapa aplikasi terlarang, maka dengan di root ponsel tersebut dapat memasang atau menginstall aplikasi tersebut.

Dan tidak hanya itu saja yang bisa dilakukan bila ponsel sudah dalam keadaan diroot. Namun Kamu juga dapat menghapus aplikasi bawaan smartphone tersebut yang sebelumnya memang tidak bisa untuk dihapus. Dan hal ini banyak dilakukan oleh pengguna android dengan tujuan untuk memperbesar ruang penyimpanan di smartphone mereka. Jadi pengguna akan menghapus aplikasi-aplikasi bawaan yang memang tidak terlalu penting atau tidak pernah digunakannya.

Dan pada intinya kebanyakan pengguna melakukan root adalah dengan alasan agar ponsel-nya dapat melakukan kinerja yang melebihi batasan yang dimiliki pada smartphone-nya. Sehingga smartphone yang telah diroot tersebut, kemampuannya lebih optimal dan lebih canggih. Dan si pengguna dapat melakukan berbagai eksperimen terhadap perangkat android yang dimilikinya.

Dan bagi Kamu yang ingin memulai mengoprek atau mengotak-atik ponsel android yang Kamu miliki dengan cara melakukan root. Maka alangkah mengetahui resiko dan juga kerugian jika ponsel dilakukan root. Dan berikut ini telah Kami tuliskan khusus untuk kalian para pembaca yang gokil abis, beberapa resiko akibat di root nya ponsel.


1. Hilangnya garansi resmi pada ponsel 

Jika ponsel Kamu dilakukan root maka garansi ponsel hilang. Biasanya untuk garansi pada ponsel umumnya adalah satu tahun. Namun jika Kamu melakukan root pada ponsel tersebut, walaupun belum satu tahun atau baru sekitar beberapa bulan saja, namun tetap saja garansi akan hilang jika ponsel telah di lakukan root.

Hal tersebut dikarenakan dari produsen android memang tidak mengijinkan untuk melakukan root ponsel. Jadi saat ponsel Kamu masih dalam masa garansi namun sudah dalam keadaan diroot, walaupun Kamu datang ke service center dari vendor smarphone yang Kamu miliki tetap saja klaim garansi tidak akan dapat dilakukan meskipun masa garansi belum habis.

Dan perlu Kamu ketahui juga memang bahwa melakukan root ponsel sangat tidak dianjurkan oleh pihak pabrikan. Dan jika terjadi kerusakan pada komponen atau kerusakan pada sistem, dari pihak pabrikan tidak akan bertanggung jawab mengenai hal tersebut.

Jadi kesimpulannya, kalau memang ponsel milikmu masih dalam masa garansi mendingan pikirkan terlebih dahulu secara matang-matang biar tidak menyesal dikemudian hari jika ingin lakukan root ponsel. Namun itu semua kembali lagi ke niat atau tekad yang Kamu miliki, Jadi jika ingin tetap melakukan rooting hp, maka Kamu harus siap menerima berbagai resiko yang akan terjadi.


2. Ponsel menjadi rentan kemasukan virus

Akibat melakukan root di hp Kamu, maka sistem keamanan pada perangkat android menjadi melemah. Dan hal tersebut dikarenakan jika ponsel telah diroot maka secara otomatis firewall pada ponsel akan menjadi nonaktif sehingga virus akan dapat dengan mudah masuk dalam segala hal terutama jika Kamu sering menginstall aplikasi terlarang ataupun sering browsing ke situs berbahaya.

Jadi jika Kamu tetap ingin nekat melakukan rooting ponsel, maka hal utama setelah sukses melakukan root pada ponsel adalah menginstall aplikasi antivirus. Agar virus yang menyerang smarphone milikmu dapat diatasi oleh aplikasi antivirus tersebut.


3. Ponsel menjadi cepat panas

Resiko yang ketiga ini juga akan turut Kamu rasakan saat Kamu telah melakukan root pada ponsel milikmu. Pasalnya, jika ponsel di root maka ponsel akan dipaksa melakukan kinerja yang berlebihan dan tentunya hal tersebut membuat baterai menjadi lebih boros dibandingkan sebelum ponsel belum diroot. Dan sebaiknya jika suhu pada ponsel telah panas maka jangan dipaksakan untuk tetap menggunakannya terus menerus. Karena akibatnya bisa fatal dan malah menyebabkan kerusakan.

Nah, hal itu tentunya menjadi pertimbangan buat Kamu yang ingin mencoba me-root ponsel nya. Akan tetapi jika Kamu tetap kekeh dan ingin tetap melakukan root ponsel maka jika sudah di root alangkah baiknya untuk lebih sering mematikan ponsel. Karena seperti pengalaman saya pribadi walaupun ponsel tidak digunakan atau hanya dalam kondisi stand-by saja ponselnya tetap panas dan baterai juga menjadi sangat boros.


4. Aplikasi dan game sering menutup sendiri (force close)

Saat ponsel android Kamu telah di root, maka sudah menjadi hal biasa terjadi jika saat membuka dan menjalankan aplikasi atau games di android sering terjadi error. Seperti aplikasi atau games yang sedang dijalankan tiba-tiba keluar dengan sendirinya atau dikenal dengan istilah force close. Jadi hal tersebut akan sangat mengganggumu jika sedang asyik menikmati aplikasi atau games, mendadak menutup sendiri. Nah, untuk cara mengatasinya tentunya dengan melakukan unroot pada ponsel android tersebut.


5. Kamera menjadi error

Akibat jika Kamu root ponsel android selanjutnya biasanya yang terjadi yaitu kamera akan mengalami error. Namun hal ini bisa terjadi atau mungkin juga tidak terjadi. Bisa dikatakan hal ini tergantung pada faktor nasib Kamu pada saat itu. Kalau apes ya kemungkinan bisa jadi benar rusak pada kameranya.

Dan biasanya saat membuka kamera maka akan muncul sebuah tulisan camera failed, dan tentu saja Kamu tidak akan bisa menggunakannya untuk memfoto atau memotret jika demikian adanya. Dan untuk mengatasinya maka Kamu bisa dengan meng-unroot ponsel android milikmu.


6. Ponsel sering mengalami restart sendiri

Tidak semua ponsel android yang di root dapat berjalan mulus dan sesuai dengan apa yang kita mau. Karena terkadang ada saja android yang menolak, dalam artian tidak ingin di root. Dan saat telah di root maka hasilnya adalah timbul kerusakan atau error.

Nah, kejadian yang pernah saya alami saat sudah root ponsel milik saya waktu itu adalah ponsel terasa panas yang tidak wajar. Dan lama kelamaan ponsel tersebut jika setelah panas akan mengalami restart sendiri, yaitu mati sendiri kemudian nyala sendiri. Dan hal ini sangat lah mengganggu saat sedang asyik memainkan ponsel.


7. Ponsel menjadi bootloop 

Bootloop adalah kejadian dimana ponsel tersebut saat dinyalakan hanya dapat keluar sampai logo dari brand smartphone yang Kamu miliki saja secara berulang-ulang dan tidak bisa untuk di operasikan sebagaimana mestinya atau bisa dikatakan juga dengan gagal untuk masuk ke sistem. Dan hal ini biasanya terjadi karena gagalnya proses rooting atau saat sedang melakukan root pada perangkat android tiba-tiba berhenti ditengah jalan.

Nah, biasanya jika itu terjadi maka al hasil smarphone android kesayanganmu akan mengalami yang namanya bootloop. Tentu saja hal tersebut sangat tidak ingin Kamu alami bukan?. Dan jika itu terjadi setelah gagal dalam proses root maka jangan langsung panik. Dan untuk mengatasinya Kamu bisa mencobanya dengan melepas baterai ponsel, kartu memory, dan lain sebagainya. Atau jika tidak dapat melepas baterai ponsel maka bisa juga dengan menekan tombol power dengan cara ditahan hingga ponsel dalam keadaan mati.

Dan kemudian jika ponsel android sudah dalam keadaan mati, maka selanjutnya Kamu diamkan hingga beberapa waktu, bisa 30 menit, 60 menit atau lebih dari itu. Dan kemudian Kamu coba nyalakan kembali ponsel android tersebut. Dan coba apakah berhasil atau tidak. Dan jika masih saja bootloop maka sebaiknya Kamu bawa ponsel tersebut ke teknisi ponsel yang sudah ahli-nya atau ke tukang servis hp yang sudah profesional untuk mengatasi hal tersebut.


Oke mungkin itulah 7 resiko yang perlu Kamu pertimbangkan jika ingin root ponsel android. Semoga apa yang Kami sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi kalian. Dan apakah kalian masih ingin melakukan root pada hp android milikmu?...