Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghidupkan atau Mengaktifkan Airdrop di iPhone 6, 7 dan 8

 AirDrop merupakan salah satu fitur utama di HP iPhone, oleh karena itu Anda perlu tahu cara menghidupkan atau mengaktifkan AirDrop di iPhone 6, 7 dan 8. Karena di ketiga seri iPhone tersebut, cara mengaktifkan fiturnya agak berbeda dan kadang dilupakan oleh orang awam.

Padahal jika Anda sering mengalami masalah seperti memori penyimpanan yang sudah penuh, fitur AirDrop ini bisa sangat membantu mengatasinya. Apalagi jika Anda punya produk gawai yang diproduksi oleh Apple lainnya seperti Macbook, Macintosh, atau iPad.

Nah agar bisa memanfaatkan seluruh fitur dalam gawai iPhone, mari kita bahas cara menghidupkan atau mengaktifkan AirDrop di iPhone 6, 7 dan 8 di sini.


Cara Menghidupkan atau Mengaktifkan Airdrop di iPhone 6, 7 dan 8


Simak Juga - Cara Menghubungkan iPhone Dengan iTunes di PC


Apa itu AirDrop?

Seperti yang sudah disinggung tadi, banyak pengguna iPhone yang masih awam tentang fitur AirDrop ini. Anda mungkin salah satunya.

Jadi AirDrop ini merupakan fitur pengiriman data antar gawai dengan sistem peer to peer. Untuk Anda generasi 90'an, fitur ini sangat mirip dengan fitur inframerah atau bluetooth. Sehingga Anda bisa mengirimkan beragam data seperti musik, foto, video atau bahkan dokumen dan game ke gawai lainnya tanpa menggunakan kabel.

Tetapi berbeda dengan bluetooth dan infrared, fitur AirDrop di iPhone ini bisa mengirim data secara nirkabel dengan kecepatan tinggi. Tentunya Anda juga tidak perlu melakukan pairing dengan menyelaraskan posisi gawai.

Cukup hubungkan iPhone Anda dengan gawai yang akan menerima data ke satu Wi-Fi yang sama dan fitur AirDrop sudah siap digunakan.


Simak Lagi - Cara Melacak Hp iPhone Teman Yang Hilang  


Cara Menghidupkan atau Mengaktifkan Airdrop di iPhone 6, 7 dan 8

Sebelum berbagi data menggunakan AirDrop, Anda perlu memenuhi syarat berikut ini dahulu.

  • Pastikan baik pengirim maupun penerima dalam jangkauan dan terhubung dengan Wi-Fi yang sama (semakin dekat dengan Wi-Fi maka semakin baik)
  • Pastikan kedua perangkat yang akan berbagi data sudah mematikan fitur hotspot pribadi


Jika semua sudah siap, sekarang Anda bisa mulai dengan mengatur agar AirDrop bisa menerima dari semua orang.


Simak Ini Juga - 5 Cara Untuk Atasi Whatsapp Yang Lemot di iPhone


Cara Mengatur Airdrop Agar Bisa Menerima Data

  • Pertama, masuk ke Pengaturan iPhone
  • Lalu pilih menu Umum
  • Lanjutkan dengan masuk ke menu AirDrop
  • Pilih opsi Penerima Semua Orang


Sebenarnya ada 3 opsi yang bisa Anda pilih. Yaitu menerima dari semua orang, hanya dari kontak atau tidak bisa menerima. Untuk menerima dari kontak, Anda perlu tahu dulu email atau nomor ponsel dari pengirim.

Sedangkan dengan opsi menerima dari semua orang, Anda tidak perlu mendaftarkan pengirim ke kontak. Nantinya setelah proses pengiriman data selesai, cukup matikan fitur AirDrop atau ubah lagi menjadi tidak bisa menerima dari siapapun.

Jika sudah mengatur siapa saja yang bisa menerima, sekarang kita masuk ke cara mengirim data dari AirDrop.


Cara Mengirim Data dari AirDrop

  • Aktifkan dulu AirDrop dengan menarik menu slider ke bawah, lalu klik ikon AirDrop
  • Kemudian, pilih data yang ingin Anda bagikan
  • Klik ikon share di data atau foto tersebut, lalu pilih opsi AirDrop
  • Pilih penerima foto tersebut
  • Lalu tunggu hingga data sudah terkirim ke gawai penerima


Uniknya dengan fitur AirDrop ini, Anda tidak perlu khawatir kehabisan kuota ketika sedang mengirim data. Karena meskipun memiliki kecepatan transfer data yang sangat tinggi, AirDrop tidak membutuhkan kuota sama sekali.


Jadi itulah cara menghidupkan atau mengaktifkan AirDrop di iPhone 6, 7 dan 8. Jangan lupa bahwa fitur ini hanya bisa digunakan ke sesama pengguna iPhone dan gawai Apple lainnya yang sudah memiliki fitur AirDrop saja.


Post a Comment for "Cara Menghidupkan atau Mengaktifkan Airdrop di iPhone 6, 7 dan 8"