Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mengatasi WhatsApp Lemot di iPhone

 Lag ketika ingin mengirim WA pastinya sangat mengganggu, oleh karena itu Anda perlu tahu cara mengatasi WhatsApp lemot di iPhone. Karena faktanya bukan hanya HP Android saja yang sering mengalami lag ketika membuka aplikasi WhatsApp, namun tidak sedikit pula pengguna iPhone yang mengeluhkan masalah serupa. 

Umumnya penyebab WhatsApp lemot ketika dibuka berhubungan dengan memori penyimpanan, terlalu banyak notifikasi yang masuk atau karena versi aplikasi sudah terlalu lawas dan masih banyak bug.

Apalagi jika Anda juga masih menggunakan iPhone seri yang juga lawas seperti iPhone 5s atau 6 yang belum memiliki memori perangkat sebesar iPhone seri terbaru.


5 Cara Mengatasi WhatsApp Lemot di iPhone


Menarik Disimak - Cara Melacak iPhone Yang Hilang Dengan Find My iPhone 

 

5 Cara Mengatasi Whatsapp Lemot di iPhone

Tetapi jangan sedih, meskipun Anda menggunakan iPhone seri lama, tetap ada cara mengatasi WhatsApp lemot di HP iPhone versi baru, diantaranya adalah:

1. Mematikan Notifikasi Grup yang Ramai

Setiap orang pasti punya satu grup WhatsApp yang paling ramai bahkan sampai mengganggu, padahal obrolan di dalamnya tidak begitu penting. Nah jika notifikasinya di nyalakan, grup seperti ini bisa membuat WhatsApp Anda lemot ketika dibuka. Apalagi jika ada ribuan pesan dalam waktu berdekatan.

Jadi untuk mengatasi masalahnya, Anda bisa mute grup ini agar tidak ada notifikasi yang muncul. Anda tetap bisa menerima dan membaca pesan grup seperti biasa, tetapi tidak ada notifikasi pesan di layar utama.


2. Hapus Pesan Lama yang Sudah Tidak Dibaca

Cara mengatasi WhatsApp lemot di iPhone yang berikutnya adalah dengan menghapus pesan-pesan lama yang sudah tidak dibaca lagi. Jika memang ada pesan lama yang sekiranya Anda perlukan di lain waktu, cukup arsipkan pesan tersebut.

Dengan begitu, aplikasi WhatsApp tidak perlu memuat semua pesan di satu layar tiap kali Anda membukanya. Hal ini bisa meringankan kerja processor dan RAM ketika Anda membuka WhatsApp.

Simak Juga - Perbedaan Antara Charger iPhone Kaki 2 dan 3 


3. Hapus Cache dan Backup Data

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, penyebab WhatsApp lemot ketika dibuka berhubungan dengan memori penyimpanan pada perangkat. Oleh karena itu untuk mengosongkan memori yang digunakan untuk WhatsApp, Anda perlu menghapus cache secara berkala. 

Menghapus cache ini bisa dilakukan melalui menu Penyimpanan di iPhone secara langsung. Atau Anda juga bisa menghapus sendiri melalui menu Aplikasi, cari aplikasi WhatsApp dan hapus cache dari sana.

Sedangkan untuk menghapus file backup, Anda bisa melakukannya melalui File Manager. Lalu cari folder WhatsApp dan lanjutkan ke folder Backup. Hapus saja file backup yang tanggal dibuatnya paling lama.

 

4. Hapus Media yang Sudah Tidak Digunakan

Pastinya selama menggunakan WhatsApp Anda sudah sering berbagi file media seperti foto, voicenote atau video. Seiring berjalannya waktu, jumlah file media yang Anda terima ini akan semakin banyak dan membuat HP lemot. Bahkan bukan hanya file yang diterima, namun media yang Anda kirim pun akan tersimpan di memori.

Oleh karena itu, hapus media ini secara berkala agar tidak membuat memori menjadi penuh. Folder penyimpanan media Whatsapp ada bisa Anda temukan di dekat folder Backup yang sudah dijelaskan tadi.

Simak Lagi - Cara Sambungkan iPhone ke iTunes di Laptop/ PC 


5. Gunakan Versi WhatsApp Terbaru

Banyak orang mengira semakin baru versi WhatsApp yang digunakan maka semakin membuat lemot dan tidak nyaman digunakan. Padahal sebaliknya, update terbaru WhatsApp justru dilakukan agar aplikasinya tidak ada bug dan semakin lancar ketika digunakan. Oleh karena itu, selalu update aplikasi WhatsApp tiap kali sudah keluar versi terbaru.


Demikianlah 5 cara mengatasi WhatsApp Lemot di iPhone yang bisa Anda coba. Jadi jangan salahkan koneksi internet jika WhatsApp di HP Anda lemot.

Post a Comment for "5 Cara Mengatasi WhatsApp Lemot di iPhone"